Tak Hanya Jakarta, Simak Mewahnya Jakabaring Sport City Di Palembang

Meskipun sudah berakhir pada beberapa bulan yang lalu, namun Asian Games yang digelar di Indoensia pada 2018 lalu benar-benar menarik perhatian banyak orang kompasiana. Tak hanya pertandingannya, namun juga berbagai venue asian games 2018 yang menarik. Beberapa venue juga dinilai menjadi venue terbaik di dunia. Tak heran, jika ada banyak orang yang benar-benar terpukau dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu.

Pertandingan yang digelar pada Asian Games 2018 lalu digelar di dua kota berbeda, yakni di Jakarta dan Palembang. Ada banyak cabang olahraga yang dipertandingan di dua kota ini. Jakarta memang dikenal sebagai ibukota Indonesia dengan berbagai gedung pancakar langit yang menarik. Namun, Palembang juga tidak kalah menarik dengan berbagai daya tariknya.

Kompleks olahraga yang ada di Palembang adalah Jakabaring Sport City (JSC), terletak di jantung kota Palembang. Sepuluh cabang olahraga di Asian Games 2018 telah diadakan di kota ini. Cabang olahraga yang dimaksud di sini adalah: bola basket, dayung, kano, menembak, panjat tebing, sepak bola wanita, sepak takraw, tenis, triathlon, dan voli pantai.

Sebelum menjadi tuan rumah pertandingan Asian Games 2018 lalu, JSC telah menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games ke-3 di tahun 2013 yang diikuti oleh 52 negara, the 17thAssociation of the South East Asian Nations (ASEAN) University Games di 2014 – serta 37 kompetisi olahraga lainnya yang diadakan sejak 2010. JSC juga dikenal karena kawasan untuk atletnya yang tidak jauh dari tempat olahraga, bahkan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. JSC sendiri juga memiliki delapan menara apartemen dengan kapasitas untuk menampung hingga 3.700 atlet.

Pemerintah Palembang bertujuan agar kota ini menjadi kota wisata olahraga utama di Indonesia. Untuk alasan ini, ia terus meningkatkan fasilitas pendukung JSC, infrastruktur, rute akses dan sistem transportasi. Di antaranya adalah sistem Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II langsung dengan JSC. Tak hanya itu, Palembang juga sedang dalam proses membangun jembatan Musi 4 dan Musi 6 sebagai rute mengemudi alternatif.